Aplikasi Berbahaya pada OS Android

Aplikasi Berbahaya Di Android – Karena sifatnya yang terbuka atau open source, sehingga diperbolehkan di edit oleh orang lain, sistem operasi android sering di anggap OS yang memiliki aplikasi-aplikasi berbahaya. Dimana aplikasi tersebut membawa virus atau malware kedalam perangkat kita. adanya Kehadiran virus tersebut memang terkadang tidak disadari oleh kita sebagai pemilik Android.

Terkadang Google selaku pengembang OS Android masih membiarkan aplikasi bervirus tersebut beredar pada Google Play Store dan belum menghentikan peredarannya. Perusahaan search engine tersebut saat ini hanya melakukan langkah pemindaian terhadap kehadiran malware pada aplikasi di Playstore sehingga masih banyak virus yang beredar. ngeri jugakan jika tiba-tiba hape error karena kelalaian kita. apalagi jika hape tersebut sering dipakai jual pulsa ke pelanggan. Saatnya kita pengguna android mesti tahu sedikit apa saja ciri-ciri aplikasi android yang berbahaya tersebut. Untuk para pengguna OS Android sebaiknya berhati-hati dalam menginstall aplikasi, karena bisa jadi kita menginstall aplikasi bervirus. Jika hal tersebut terjadi, maka virus yang terinstall akan memanipulasi dan mencuri data-data penting kita. So sedikit belajar bolehkan.

aplikasi android

alangkah lebih baik kita mengetahui ciri-ciri dari aplikasi yang berbahaya atau mengandung virus. berikut ini kita ulas apa saja ciri dari aplikasi berbahaya yang dapat anda waspadai, sehingga smartphone anda selalu enak digunakan.

1. Aplikasi Tidak Ada di Google Play Store

Aplikasi dengan nama file .apk kadang lebih riskan mengandung virus jika kita install pada perangkat Android yang kita miliki. Jadi kita harus waspada dan biasakan install aplikasi langsung dari Play Store. Google sendiri tidak melarang kita untuk menginstall aplikasi melalui file .apk, namun segala resiko yang ditimbulkannya termasuk terkena virus harus kita tanggung sendiri.

Tidak bisa dipungkiri saat ini banyak Developer yang menyediakan aplikasi-aplikasi instant dalam bentuk file .apk yang dapat disebar luaskan melalui Bluetooth atau sambungan data lainnya. Menurut beberapa ahli mengatakan bahwa aplikasi berbahaya tersebut memang dari luar Google Play Store. Untuk beberapa kasus, memang terdapat Developer yang tidak terpercaya dalam mengembangkan aplikasi, yang kemungkinannya aplikasi tersebut mengandung malware berbahaya.

2. Izin Pemasangannya yang Mencurigakan

Jika kita melakukan penginstallan aplikasi dari file .apk atau selain dari Google Play Store, biasanya aplikasi berbahaya akan memiliki tanda yang mencurigakan. Salah satu hal yang mencurigakan ialah izin pemasangan aplikasi. Misalkan kita akan menginstall aplikasi senter, namun aplikasi tersebut meminta izin untuk membaca kontak ataupun hal lainnya yang tidak berhubungan dengan aplikasi tersebut seperti akses lokasi atau pun membuat koneksi internet, dengan izin-izn yang mencurigakan tersebut kemungkinan besar aplikasi yang diinstall bebahaya dan mengandung virus.

Izin pemasangan seperti itu dapat mencuri data penting kita yang kemudian secara otomatis terupload kedalam server aplikasi melalui internet. Jika kita menginstall aplikasi yang meminta izin untuk mengirimkan SMS berbayar pun patut dicurigai. Mulai sekarang kita harus lebih waspada dan selalu memperhatikan izin pemasangan dari aplikasi ketika melalukan proses installasi.

3. Deskripsi Aplikasi tidak Jelas atau Salah

Deskripsi dari aplikasi yang tidak jelas atau bahkan salah mungkin dibuat oleh Developer yang tidak terpercaya atau abal-abal. Developer yang seperti ini masih belum mengerti cara memasarkan produknya. Jadi jika kita melihat aplikasi dengan ciri-ciri tersebut sebaiknya kita perlu berhati-hati ketika akan menginstallnya.

4. Jumlah Penginstallan, Ulasan serta Reputasi Aplikasi mencurigakan

Selain dari deskripsi, jumlah banyaknya pengguna yang menginstall aplikasi pun dapat kita jadikan pegangan kita untuk mengetahui ciri aplikasi tersebut bahaya atau tidak. Jika aplikasi yang akan kita install tersebut telah didownload oleh lebih dari 1 juta pengguna dan mendapatkan rating 4-5 bintang, berarti aplikasi tersebut aman dan terpercaya. Selain itu, kita juga dapat melihat ulasan dari aplikasi yang akan kita install serta kita dapat melihat ulasan komentar dari pengguna lain terlebih dahulu.

Saatnya kita berhati-hati sob. jangan sampai Hape kesayangan kita masuk opname alias tukang service hanya gara-gara kelalaian yang tidak sengaja memasang aplikasi bervirus.. semoga menambah wawasan mitra.. salam sukses.