Tips aman belanja secara online – Keamanan memang selalu menjadi hal yang paling penting, terutama ketika ada kegiatan transaksi uang terlibat Saat ini sudah tidak banyak orang yang berbelanja secara tradisional seperti pergi ke pasa-pasa, ke toko, banyak alasannya seperti kepanasan, keadaan yang rawan (copet, penodongan, maling, dll). Akhirnya banyak Mereka lebih memilih berbelanja secara online, yang lebih mudah, praktis, tinggal tunggu dirumah barang sampai.

belanja online

Walaupun belanja online sudah cukup memberikan kenyamanan pada beberapa orang, Namun sebagian orang lagi masih saja merasa kurang yakin dengan keamanan berbelanja secara online. Apalagi sering terdengar oleh kita kasus-kasus penipuan online yang di maanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, termasuk juga dengan kasus pencurian identitas (misal kartu kredit, bank, dll) yang membuat citra berbelanja online semakin menjadi buruk saja.

Berikut ini kami bagikan beberapa tips untuk membantu Anda berbelanja online dengan nyaman dan aman seperti yang kami kutip dari situs Lifehack

1.  Usahakan Jadilah orang yang Bijaksana dalam menilai sesuatu

Hal ini dimengerti bahwa pengecer dan pedagang akan meminta beberapa informasi pribadi untuk transaksi Anda, tapi info ini seharusnya hanya terbatas pada nama, alamat, nomor kontak, usia, dan nomor kartu kredit (tergantung pada jenis pembayaran).

Anda tidak harus memberikan rincian pribadi lainnya yang akan terkait dengan transaksi tersebut karena ini dapat memberikan kesempatan orang mencuri identitas Anda.

2. Setelah selesai berbelanja segera Periksa laporan rekening Anda

Periksa saldo rekening Anda setelah transaksi belanja online sehingga Anda yakin bahwa uang yang anda bayarkan sesuai dengan jumlah yang diambil dari akun Anda. Cek juga jangan sampai ada transaksi lain.

Jika Anda membayar melalui kartu kredit, maka Anda dapat menghubungi penerbit kartu kredit Anda dan meminta informasi transaksi terbaru Anda. Hal ini untuk memastikan pedagang mengenakan biaya Anda dengan benar dan bahwa tidak ada transaksi mencurigakan lain di akun Anda.

3. Pastikan situs tersebut telah mengaktifkan pengamanan SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah alat yang memberikan privasi ketika Anda memberikan informasi dalam sebuah situs web. Anda dapat memberitahu bahwa sebuah website memiliki enkripsi SSL jika URL dimulai dengan HTTPS: // bukan HTTP biasa: //.

Ada juga akan menjadi ikon gembok terlihat tepat di samping URL di address bar atau di bagian bawah status bar tergantung pada jenis browser yang Anda gunakan.

4. Usahakan Berbelanja di toko online yang terpercaya

Sebagian besar kasus penipuan dan pencurian identitas terjadi ketika transaksi dilakukan melalui media sosial atau situs belanja yang tidak kredibel. Inilah sebabnya mengapa Anda harus belanja online lewat situs populer dan terpercaya.

Pastikan website yang Anda pilih popular, otentik dan dapat dipercaya oleh pelanggan. Testimonial di situs yang menunjukkan kepuasan konsumen membuktikan legitimasi situs tersebut.

5.Perhatikan keamanan dari komputer yang dipakai

Pastikan Anda menginstal program anti-virus yang akan melindungi Anda dari virus, program Malware, dan Spyware yang dapat mengakses informasi dari komputer Anda.

Nahh, dengan adanya tips di atas, kita tidak perlu lagi takut dengan belanja online. karena jika kita selalu waspada, niscaya kejahatan pun akan takut dengan kita.

tingkatkan terus kewaspadaan, tidak perlu takut untuk mencoba sesuatu yang baru. salam sukses, dan Selamat berbelanja online!